- Hakikat Prestasi Belajar
Setiap individu cenderung
untuk bebas berpikir, mengembangkan daya imajinasi dan adanya dorongan untuk
berbuat lebih dari yang lainya, maka prestasi sangat erat hubungan dengan
kebutuhan yang timbul dari diri individu dalam melaksanaan segala usaha.
Seseorang pada prinsipnya ingin mencapai prestasi tertentu untuk kepuasan dalam
hidupnya. Jadi seorang ingin berprestasi karena merupakan faktor psikologis
yang terdapat pada diri setiap orang, dengan kata lain prestasi merupakan
segala hasil usaha yang dapat dicapai oleh seseorang.
Prestasi setiap peserta didik itu berbeda. Untuk meraih prestasi diperlukan
usaha yang sungguh-sungguh. Semua aktivitas di sekolah ditunjukan untuk
membantu keberhasilan kegiatan belajar peserta didik, karena pentingnya belajar
maka aspek penelitianpun biasanya
berpedoman pada berhasil tidaknya belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran khusus yang telah dirumuskan. Prestasi adalah hasil yang telah
diperoleh setelah melakukan pendidikan atau latihan tertentu yang hasilnya bisa
di tentukan dengan pemberian tes pada akhir pendidikan (Chosiyah 2001:2). Nana
Sudjana (2000:19) berpendapat bahwa prestasi adalah bukti keberhasilan belajar dan
tingkat kondisi perubahan tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai dan telah dicanangkan karena pada hakekatnya hasil belajar
tersirat dalam tujuan pengajaran. Menurut Surayin(2001:455) mengemukakan bahwa
prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan,
dikerjakan, dan sebagainya).
Prestasi belajar yang
dicapai seseorang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor, yang
mempengaruhi baik dari dalam diri (faktor ekstern) individu. Pengenalan
terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar penting sekali ,artinya
dalam rangka membantu peserta didik dalam mencapai prestasi belajar sebaik
baiknya.
No comments:
Post a Comment