Media Gambar Seri
a.
Pengertian Media
Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari
kata medium yang secara harifah
berarti perantara atau pengantar. “Modea” adalah perantara atau pengantar pesan
dari pengirim kepada penerima (Arief S.Sadiman, dkk. 2006: 6). (Association of
Education and Comunication Technology/AECT) memberi batasan tentang media
sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi.
Menurut National Education
Assocation (NEA) mengartikan media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Menurut Koyo (dalam sukiman
2012:28) menyatakan bahwa media adalah segala benda yang dapat dimanipulasikan,
dilihat, dilihat dan didengardibaca atau dibicarakan beserta instrument yang
dipergunakan untuk kegiatan tersebut.
Banyak batasan yang diberikaan
orang tentang media. Asisiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association
of Education and Comunication Technology/AECT). Menurut Gagne (1970) menyatakan
bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat
merangsangnya untuk belajar. Sedangkan menurut Briggs (1970) berpendapat bahwa
media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang
siswa untuk belajar. Buku, film, kaset, dan contoh-contohnya.
Bahasa media berarti pengantar pesan dari pengirim kepada
penerima pesan. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar
mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau
elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual
atau verbal Azhar Arsyad (dalam sukiman 2012: 28).
Menurut berbagai pendapat ahli
tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah suatu alat bantu pembelajaran
yang digunakan dalam menyampaikan suatu
informasi kepada orang lain baik visual maupun audio visual yang bertujuan
untuk mempermudah kegiatan pembelajaran agar segala informasi yang disampaikan
oleh pengirim tersampaikan oleh penerima informasi.
b.
Aspek-aspek Media
Pembelajran
Aspek-aspek Penggunaan Media
Pembelajaran antara lain: 1) media pengajaran sangat tergantung kepada tujuan
pengajaran, 2) bahan pengajaran, 3) kemudahan memperoleh media, 4) serta
kemampuan guru dalam menggunakannya.
c.
Media Gambar Seri
Tarigan (1997 :
210) mengemukakan bahwa “Mengarang melalui media gambar seri berarti melatih
dan mempertajam daya imajinasi siswa”. Dalam kriteria pemilihan media
disinggung bahwa media digunakan harus sesuai dengan taraf berfikir anak didik.
Dalam pembelajaran menulis karangan di
SD.
Dapat disimpulkan
bahwa media gambar seri memiliki
keuntungan dimana siswa lebih kreatif untuk mnuliskan sebuah tulisan
yang sesuai dengan gambar yang berurutan dan siswa lebih mudah untuk
mendeskripsikan tulisannya sesuai dengan gambar yang dilihatnya.
d. Kelebihan dan Kelemahan Media Gambar Seri
(wordpress.com/.../
kelebihan-dan – keterbatasan – media -gambar) kelebihan media
gambar seri antara lain:
1)
Media gambar seri adalah media pembelajaran
yanga sangat menyengkan karena siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
2)
Materi yang diserap melalui media gambar
lebih mudah diserap oleh siswa.
3)
Siswa lebih mudah untuk menangkap isi dan
maksud dalam gambar seri tersebut.
Kelemahan Media Gambar Seri antara lain:
1)
Tidak semua siswa faham akan isi, maupun maksud dari
gambar secara tersusun.
2)
Untuk kelas rendah siswa perlu mendapatkan bimbingan
secara khusus untuk menyampaikan maksud
dan isi dari gambar seri.
3)
Perlu pemikiran serius untuk membandingkan keterhubungan
antara gambar satu dengan gambara yang lain.
(http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=37139)
adapun solusi dalam penerapan media gambar seri adalah dengan memberikan sebuah
gambar kepada anak secara nyata dalam artian gambar yang ditanyangkan dapat
dipahami oleh anak, selain itu urutan gambar seri berkesinambungan sehingga
anak tidak kebingungan terhadap alur karangan yang ditulisnya, guru dalam
kegiatan pembelajaran memberikan arahan petunjuk-petunjuk sederhana sehingga
gagasan deskripsi siswa dapat dipahami oleh guru.
No comments:
Post a Comment