Tuesday, October 27, 2015

Media Gambar Seri



  Media Gambar Seri
a.    Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harifah berarti perantara atau pengantar. “Modea” adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima (Arief S.Sadiman, dkk. 2006: 6). (Association of Education and Comunication Technology/AECT) memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.
Menurut National Education Assocation (NEA) mengartikan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Menurut Koyo (dalam sukiman 2012:28) menyatakan bahwa media adalah segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, dilihat dan didengardibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut.
Banyak batasan yang diberikaan orang tentang media. Asisiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and Comunication Technology/AECT). Menurut Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sedangkan menurut Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Buku, film, kaset, dan contoh-contohnya.
Bahasa media berarti pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal Azhar Arsyad (dalam sukiman 2012: 28).

Menurut berbagai pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah suatu alat bantu pembelajaran yang digunakan  dalam menyampaikan suatu informasi kepada orang lain baik visual maupun audio visual yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran agar segala informasi yang disampaikan oleh pengirim tersampaikan oleh penerima informasi. 
b.      Aspek-aspek Media Pembelajran
Aspek-aspek Penggunaan Media Pembelajaran antara lain: 1) media pengajaran sangat tergantung kepada tujuan pengajaran, 2) bahan pengajaran, 3) kemudahan memperoleh media, 4) serta kemampuan guru dalam menggunakannya.
c.        Media Gambar Seri
Tarigan (1997 : 210) mengemukakan bahwa “Mengarang melalui media gambar seri berarti melatih dan mempertajam daya imajinasi siswa”. Dalam kriteria pemilihan media disinggung bahwa media digunakan harus sesuai dengan taraf berfikir anak didik. Dalam  pembelajaran menulis karangan di SD.
Dapat disimpulkan bahwa media gambar seri memiliki  keuntungan dimana siswa lebih kreatif untuk mnuliskan sebuah tulisan yang sesuai dengan gambar yang berurutan dan siswa lebih mudah untuk mendeskripsikan tulisannya sesuai dengan gambar yang dilihatnya.
d.      Kelebihan dan Kelemahan Media Gambar Seri
(wordpress.com/.../ kelebihan-dan – keterbatasan – media -gambar) kelebihan media gambar seri antara lain:
1)   Media gambar seri adalah media pembelajaran yanga sangat menyengkan karena siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
2)   Materi yang diserap melalui media gambar lebih mudah diserap oleh siswa.
3)   Siswa lebih mudah untuk menangkap isi dan maksud dalam gambar seri tersebut.
Kelemahan Media Gambar Seri antara lain:
1)      Tidak semua siswa faham akan isi, maupun maksud dari gambar secara tersusun.
2)      Untuk kelas rendah siswa perlu mendapatkan bimbingan secara  khusus untuk menyampaikan maksud dan isi dari gambar seri.
3)      Perlu pemikiran serius untuk membandingkan keterhubungan antara gambar satu dengan gambara yang lain.

 (http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=37139) adapun solusi dalam penerapan media gambar seri adalah dengan memberikan sebuah gambar kepada anak secara nyata dalam artian gambar yang ditanyangkan dapat dipahami oleh anak, selain itu urutan gambar seri berkesinambungan sehingga anak tidak kebingungan terhadap alur karangan yang ditulisnya, guru dalam kegiatan pembelajaran memberikan arahan petunjuk-petunjuk sederhana sehingga gagasan deskripsi siswa dapat dipahami oleh guru.

No comments:

Post a Comment